Langsung ke konten utama

Wisata Kawah Ijen dan Tour Blue Fire Gunung Ijen

Wisata Kawah Ijen dan Tour Blue Fire Gunung Ijen. Wisata Kawah Gunung Ijen Banyuwangi/Bondowoso merupakan salah satu obyek dan tempat di wisata Indonesia terbaik yang di punyai oleh Propinsi Jawa Timur. Terletak di bagian ujung paling timur tepatnya di perbatasan dari 3 kabupaten yaitu Bondowoso, Banyuwangi dan Situbondo. Obyek wisata yang fenomenal ini sebenarnya baru-baru saja di kenal oleh masyarakat luas mungkin hanya dalam sekitar dekade saja tidak seperti wisata bromo yang sudah sejak lampau dikenal masyarakat dunia.

Wisata Kawah Ijen merupakan sebuah danau kawah (kaldera) terbesar yang di punyai bumi. Dengan danau kawah berupa cairan asam belerang lokasinya berada di sebelah puncak Gunung Ijen dengan ketingguan 2.368 meter di atas permukaan laut. Danaunya juga mempunyai kedalaman sekitar 200 meetr, di kelilingi oleh dinding kaldera dengan tinggi antara 300-500 meter, serta luas danaunya kurang lebih luasnya 5.5 Hektar.

Danau Kawah Ijen ini berada dalam wilayah taman nasional di Jawa Timur yaitu Cagar Alam Taman Wisata Ijen, Kabupaten Bondowoso, dan telah meletus beberapa kali  yaitu padaa tahun 1796, 1817, 1913 dan 1936. Pada tahun 2011 - 2012 sempat ditutup sementara karena mengeluarkan gas beracun yang cukup berbahaya bagi manusia/pengunjung.

Wisata Kawah Ijen

Wisata Kawah IjenWisata Kawah ijen punya daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Dengan Danau yangberwarna hijau kebiruan dengan kabut dan asap belerang yang menyelimuti kawah terlihat sangat indah. Dengan lokasi yang cukup tinggi maka bisa di ketahui bahwa gunung ijen mempunyai udara dan suhu yang cukup dingin. yaitu antara 13 derajat celcius, bahkan pada musim-musim tertentu suhu di tempat ini bisa mencapai suhu 0 derajat celcius. 

Saat pagi hari, Danau kawah Ijen berwarna hijau tosca kebiruan dengan cahaya matahari berwarna keemasan memantul dari permukaan kawah akan menhhasilkan pesona alam yang menakjubkan. Di lokasi wisata kawah ijen/ijen crater terdapat sebuah tambang belerang, dimana para wisatawan bisa melihat aktivitas para penambang belerang (Ijen minner) yang memikul belerang menyusuri jalan sempit nan curam dan dipenuhi oleh gas beracun. Yang paling menarik adalah bahwa pada danu kawah bisa memproduksi sekitar 36 juta m3 belerang dan hidrogen klorida. Namun pengunjung juga harus  hati hati karena derajat keasaman 0 maka bisa  melarutkan baju dan jari Anda. 

Blue Fire Kawah Ijen

Blue Fire Kawah Ijen
Salah satu hal yang membuat wisata Gunung ijen berbeda dengan wiata sejenis lainnya seperti wisata kawah putih Bandung, wisata Bromo  dan lainya adalah adanya fenomena api biru yang familiar disebut dengan blue fire kawah ijen, blue flame, blue lava. Satu-satunya yang di punyai oleh Indonesia sejak wisata gunung kelud meletur pada februari 2014. Di gunung kelud juga ada namun setelah meletus api birunya ikut hilang. Di dunia ini hanya ada 2 denomenaapi biru, yaitu di iceland dan kawah ijen saja. Tidak mengehrankan jika saat ini wisata kawah ijen bisa menjadi salah satu wisata terfavorit  di Jawa Timur dan Indonesia karena keindahan alam nya dan keunikan api birunya memang sangat luar biasa indahnya. Wisata Kawah Ijen Blue Fire hanya dapat di lihat pada kondisi gelap saja. Jadi Anda harus memulau tour blue fire kawah ijen pada tengah malam sampai sebelum matahri terbit.

Rute ke Kawah Ijen

Bagi para pecinta travelling ala backpacker  yang hobi dengan wisata adventure, untuk mencapai lokasi wisata kawah ijen dapat ditempuh dari dua arah yaitu, 
1. Melalui jalur utara, bisa di tempuh melalui Kabupaten Situbondo - Bondowoso - Wonosari - Desa Sempol - Paltuding. Jarak dari Situbondo ke Pos Paltuding sekitar 93 Km dan dapat ditempuh sekitar kurang lebih  2,5 jam.
2. Melalui jalur selatan, yaitu melalui Kota Banyuwangi -  Desa Licin - Paltuding dengan jarak total tempuh sekitar 40 km dari Banyuwangi. Kondisi jalan cukup ekstrim, berkelok dan curam. Jadi disarankan memakai kendaraan 4WD atau sewa jeep di sekitar licin untuk menuju pos pintu masuk wisata kawah ijen. Source http://wisatakawahijen.com/

Postingan populer dari blog ini

bleb,bleb,bleb, matatelur!

waktu.. sesuatu yg tersirat, datang menjemputku. dan tak dpt dipungkiri.. yah siapa dan siapa... siapa dan siapa? sebuah kalimat tanya penuh makna yg mensuport diri belajar u/ hidup. Sebuah tranformasi waktu tentang tentang ke akuanku u/ menjadi aku, saya, kulo, dan dalem. Sebuah energi yg mampu meluruhkan ke keegoanku. Sebuah keindahan yg mampu mebuat aku tersungkur, sadar bahkan jg pingsan. yg menjemput tanganku ketika aku terjatuh..?yg menghiburku ketika aku bersedih?yg memelukku ketika aku menangis?yg menuntunku ketika aku dlm kebimbangan? dan siapa yg membimbingku ketika aku bingung? siapa dan siapa .... hanyalah kalimat tanya tp mampu membuat merinding dan bergetar... rahasia Ilahi yg sangat luar biasa yg mampu mengangkat dalam ekstase kejujuran hati dan membimbing bibir u/ berkata "Alhamdulillah...", "alhamdulillah...sekali"....syukur yg sangat.... siapa dan siapa...? yah, ternyata sebuah suara yg menyadarkanku dr buaian mimpi untuk sholat subuh padahal aku t

Daftar Tempat Wisata di Malang dan Kota Batu Terbaru 2023

Daftar Tempat Wisata di Malang dan Kota Batu Terbaru  - dwishuhuf.blogspot.com . Wisata Malang Raya Termasuk Kota Wisata Batu sejak dahulu telah di kenal sebagai pusat pariwisata Jawa Timur .   Banyak sekali tempat dan obyek wisata Jawa Timur yang yang di dominasi oleh Kota Malang dan Batu. Malang sendiri saat ini telah terbagi menjadi 3 pemerintahan yaitu Kabupaten Malang, Kotamadya Malang dan Kotamadya Batu. Dari 3 pemerintahan tersebut lebih dikenal dengan Malang Raya.  Daftar Tempat Wisata di Malang dan Kota Batu Obyek Wisata di Malang dan Batu semakin tahun semakin berkembang. Dulu yang paling terkenal untuk di Kota Wisata Batu adalah Taman Wisata Selecta, Air Terjun Coban Rondo, sdangkan di Kabupaten Malang yang paling terkenal adalah Sengkaling.  Saat ini yang paling peseat perkembangannya adalah pariwisata Kota Batu. Banyak bermunculan obyek- obyek wisata di kota Batu Malang yang setaraf dengan pariwisata Nasional, misalnya Jawa Timur Park (Jatim Park) dan paket wisat

Mumeeeet!!

Dah nyuri2 waktu disela2 numpuknya kerjaan untuk posting, eh...ga jadi. Padahal Tingggal klik "TERBITKAN ENTRI" aja, huh!! bingung, ragu plus mikir pas apa ga ya klo di posting di blog??? Sebenarnya hanya bersifat personal aja sih (eh enggak ding!), dah berhari2 terjadi kemelut di hati, kepikiran terus,nerves,minuman tumpah. Maju , kejegur.. Diam, menyesal.. Mundur, berat.. hufff!!*sambil mendesah nafas panjang*, oalah...awakku....awakku... Gusti...pripun to niki...??