Air, Telaga

Banyak hal2 menakjubkan menyangkut air. unsur2 yg terkandung di dlmnya spt H2O hanyalah wajah luar sj dr air. Manfaat apa yg terkandung dlm air ketika air diusapkan ke wajah kita?. Anak2 kecil pernah bertanya tentang wudlu : mengapa orang yg buang angin yg di basuh dan di cuci koq wajah?

Wajah adalah wakil utama diri dan pribadi. Diri itu essensial, pribadi itu eksistensial. Diri pribadi dicuci bukan hanya hars mencapai kondisi yg terbaik, tp jg merasa butuh bersih, rasa suci dan itu syarat untuk percaya diri. Mungkin "membasahi wajah dg air" tdk hanya untuk membersihkan dan menyucikan namun dapat menuju kebersihan dan kesucian itu sendiri, dg kata lain cuci muka bukan hanya sekedar sugesti yg bersifat subyektif namun merupakan metode yg obyektif.

Manusia, diri, pribadi dan ilmunya, bersujud. Dengan memerundukkan tubuh serendah2nya, menyatukan wajah (sebagai lambang diri dan pribadi) dengan tanah. Ketika itu di ungkapkan " Maha Suci Alloh Yang Maha Tinggi, hanya Dialah Yang berhak atas segala puji". Untuk memperoleh puncak kesadaran tentang ketinggian itu dengan sujud, dengan menunduk serendah2nya. Demikian pula Identitas diri, karier dan status pribadinya, serta sgl prestasi ilmu dan teknologinya: disujudkan ke Kehendak Alloh.

Telaga Haudl,Rosululloh Muhammad berjanji akan menemui umatnya di tempat itu, sahabat bertanya: bagaimana Rosululloh tahu bahwa seseorang itu tergolong umat-Mu?
Rosululloh menjawab : memancarkan cahaya dari mata dan wajahnya. Cahaya itu dihasilkan oleh air wudlu dan bekas sujud. Memang sholat itu intinya pencahayaan atau pencerahan.

Mesra dan manis skl janji kpd orang2 yg sholat . Dipilihnya tempat di telaga, bukanya sungai atau samudra, karena telaga adalah tempat yg jauh lebih romantis drpd sungai atau samudera. Dan kita skr adalah ibarat air yg kini sedang menempuh perjalanan sungai yg teramat panjang , bermuara di lautan gelisah yg tdk menentu.

Semoga kelak kita berjumpa di telaga, airnya hening, tenang dan segala kotorannya mengendap ke bawah dan sehingga jiwa kita menjadi bening, segalanya terlihat, jernih dan jujur. telaga kedamaian, telaga muthmainnah.
Dan pertemuan itu adalah pertemuan cahaya, pertemuan saling memancarkan cahaya.

Cahaya itu sendiri materi ataukah roh?, yang jelas, cahaya yg tdk dpt dilihat. Yg tampak oleh kta hanya benda yg disinari chy. Mengapa Alqur'an mengatakan " Alloh itu cahaya langit dan bumi?" bukan mencahayai langit dan bumi?

Kalau nanti manusia menemukan pengetahuan baru tentang cahaya, semoga dunia akan semakin bersujud, lebih rendah hati dan bersahaja. Kalau kelak nanti mesjid2 lebih percaya kpd lantai drpd permadani, kalau orang mengurangi kehidupan keperluan memakai "sepatu/sandal" maka kehidupan akan semakin sehat, dan kotoran2 jaman modern ini akan terserap.

Seharusnya seluruh penghuni kehidupan modern yg gegap gempita ini membutuhkan wudlu dan sujud. Memerlukan proses penyerapan kotoran - back to nature- serta proses pencahayaan yg lebih hakiki. Mungkin sebabnya agama wudlu dan sujud ini tidak bernama Salam, melainkan Islam. Salam artinya keselamatan, kemerdekaan. Islam artinya penyelamatan, pembebasan!


disadur dr "Slilit Sang Kiai" (Emha Ainun Nadjib)
Previous
Next Post »