Langsung ke konten utama

Pulau Merah Banyuwangi Wisata Pantai di Jawa Timur

Pulau Merah Banyuwangi. Penduduk sekitar menyebut pulau exotis ini dengan nama Pulo Merah yaitu salh satu pantai serta tempat wisata Banyuwangi yang terdapat di Kecamatan Pesanggaran. 

Obyek wisata ini pada beberapa tahun terakhir di promosikan serta dijagokan oleh pemerintah kabupaten Banyuwangi sebagai wisata unggulan selain Wisata Kawah Ijen yang terkenal dengan api buri atau ijen blue fire.

Banyuwangi Tour


Pantai yang dulunya bernama Pantai Ringin Pitu ini di kenal karena punya bukit hijau kecil dengan pantai sejauh 200 mt dan tanah yang berwarna kemerahan terdapat di dekat bibir pantai. Bukit hijau nan indah ini bisa dikunjungi dengan jalan kaki saat air laut sedang surut. 

Di sana juga ada Pura yakni bernama  " Pura Tawang Alun " di mana warga beragama Hindu di sana melakukan upacara Mekiyis. Hal ini mirip dengan Pura Luhur Poten Bromo yang terletak di wisata bromo yang terkenal dengan upacara kasadanya.

Pura umat Hindu ini sudah lama berdiri mulai sejak 1980, juga kerap dikunjungi umat Hindu dari Gunung Bromo serta Bali. Waktu tsunami berlangsung th. 1994, pura ini dapat terserang efeknya hingga tembok luar pura hancur tetapi sisi dalam pura (Pelinggih Padmasana) masih berdiri kokokh seperti semula..

Dari penduduk sekitar ada cerita sejarah Pulau Merah Banyuwangi yaitu penamaa nya berasal dari  pancaran sinar merah hingga warga seputar menamainya Pulau Merah.

Pulau Merah Banyuwangi
 Gambar Foto Gallery Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Pantai ini nyaris serupa dengan pantai Kuta di Bali atau pantai Papuma di Jember dan sangatlah pas untuk beberapa peselancar yang mau coba ketrampilannya dalam ber-surfing ria. Dengan ombak setinggi 2 hingga 3 mtr beberapa peselancar dapat lakukan manuver tehnik tubes.

Saat yang tepat untuk beberapa peselancar untuk bertandang ke pantai ini yaitu pada bln. Mei sampai Desember. Lantaran ketika itu cuaca serta ombak telah terbilang ideal untuk berselancar. 

Namun pada bulan lain antar Januar sampai April walau tak bisa untuk berselancar, keindahan dan pesona Pulau Merah sangat  menarik untuk kunjungan dan liburan wisata untuk melepas penat aktivitas keseharian Anda. Fenomena unik lain yang bisa  di explore di sini adalah saat moment pelepasan 1. 000 anak penyu oleh Bupati Banyuwangi.

Penentuan Wisata Pantai Pulau Merah juga sebagai destinasi wisata baru di Banyuwangi, lantaran potensi ombak serta pesona alamnya yang masih tetap asli serta sangatlah bagus. Sehingga saat ini menjadi salah satu tempat wisata di Jawa Timur yang wajib di kunjungi.

Rute Menuju Pulau Merah Banyuwangi

Pulau Merah Banyuwangi adalah sisi lain dari wisata pantai di Jawa Timur recomended untuk libuan keluarga. Dari Kota Banyuwangi anda dapat menuju arah selatan dengan lama saat perjalanan seputar 3 jam atau seputar 60 km dengan memakai kendaraan roda empat atau sepeda motor.

Bisa pula anda mengaksesnya rute Pulau Merah dari kota Jember dengan jarak 100 km. Dengan lewat jalan nasional Jember – Banyuwangi. Sesudah tiba di kecamatan Genteng Banyuwangi, berbelok arah ke selatan dengan jalanan aspal 15 km dari Genteng, 

kemudian Anda akan masuk kecamatan Gambiran. Dari sini, kemudian dilanjutkan ke arah pantai selatan menuju kecamatan Pesanggaran, dengan dipandu rambu-rambu yang sangatlah lengkap maka tibalah Anda di wisata pulau Merah.

Jika Anda  berangkat dari Jakarta memakai peswat bisa langsung ke Bandara di Banyuwangi yaitu Airport Belimbing Sari. Dari sini anda bisa sewa mobil untuk menuju ke Wisata Pulau Merah. Dan jika traveling ke sini ala backpacker baik dari arah Surabaya atau Malang (memakai kendaraan umum misal kereta Api atau Bus) dari stasiun kereta / terminal di Banyuwangi juga harus sewa transport karena untuk ke pantai pulau merah tidak ada kendaraan umum.

Selesai explore wisata pantai Pulau Merah anda bisa melanjutkan ke tempat wisata di banyuwangi lainnya yang layak di kunjungi misalnya wisata kawah ijen , untuk obyek wisata lainnya silahkan klik daftar tempat wisata di Banyuwangi.

Postingan populer dari blog ini

bleb,bleb,bleb, matatelur!

waktu.. sesuatu yg tersirat, datang menjemputku. dan tak dpt dipungkiri.. yah siapa dan siapa... siapa dan siapa? sebuah kalimat tanya penuh makna yg mensuport diri belajar u/ hidup. Sebuah tranformasi waktu tentang tentang ke akuanku u/ menjadi aku, saya, kulo, dan dalem. Sebuah energi yg mampu meluruhkan ke keegoanku. Sebuah keindahan yg mampu mebuat aku tersungkur, sadar bahkan jg pingsan. yg menjemput tanganku ketika aku terjatuh..?yg menghiburku ketika aku bersedih?yg memelukku ketika aku menangis?yg menuntunku ketika aku dlm kebimbangan? dan siapa yg membimbingku ketika aku bingung? siapa dan siapa .... hanyalah kalimat tanya tp mampu membuat merinding dan bergetar... rahasia Ilahi yg sangat luar biasa yg mampu mengangkat dalam ekstase kejujuran hati dan membimbing bibir u/ berkata "Alhamdulillah...", "alhamdulillah...sekali"....syukur yg sangat.... siapa dan siapa...? yah, ternyata sebuah suara yg menyadarkanku dr buaian mimpi untuk sholat subuh padahal aku t

Daftar Tempat Wisata di Malang dan Kota Batu Terbaru 2023

Daftar Tempat Wisata di Malang dan Kota Batu Terbaru  - dwishuhuf.blogspot.com . Wisata Malang Raya Termasuk Kota Wisata Batu sejak dahulu telah di kenal sebagai pusat pariwisata Jawa Timur .   Banyak sekali tempat dan obyek wisata Jawa Timur yang yang di dominasi oleh Kota Malang dan Batu. Malang sendiri saat ini telah terbagi menjadi 3 pemerintahan yaitu Kabupaten Malang, Kotamadya Malang dan Kotamadya Batu. Dari 3 pemerintahan tersebut lebih dikenal dengan Malang Raya.  Daftar Tempat Wisata di Malang dan Kota Batu Obyek Wisata di Malang dan Batu semakin tahun semakin berkembang. Dulu yang paling terkenal untuk di Kota Wisata Batu adalah Taman Wisata Selecta, Air Terjun Coban Rondo, sdangkan di Kabupaten Malang yang paling terkenal adalah Sengkaling.  Saat ini yang paling peseat perkembangannya adalah pariwisata Kota Batu. Banyak bermunculan obyek- obyek wisata di kota Batu Malang yang setaraf dengan pariwisata Nasional, misalnya Jawa Timur Park (Jatim Park) dan paket wisat

Jazz Gunung Bromo 2023 Harga Tiket dan Jadwal Jazz Bromo

Jazz Gunung Bromo 2023  - http://dwishuhuf.blogspot.co.id/ Mulai tahun 2009 ada 1 lagi alasan menarik yang bisa membuat orang untuk berkunjung ke kawasan  Wisata Bromo . Yaitu ada pertunjukan rutin tahunan berupa konser atau festival musik Jazz disana, familiar disebut  Jazz Gunung .   Festival ini di canangkan oleh Bpk Sigit Pramono, seorang bankir, foto grafer dan pecinta alam bersama 2 orang seniman kondang kakak beradik yaitu Bapak Djaduk Ferianto dan Butet Karta Redjasa. Acara jazz Gunung ini sangat layak untuk di apresiase karena sangat unik, menarik danluar biasa menaik animo pengunjung baik lokal maupun luar negri. Lokasi untuk festival jazz gunung juga uni, kalau biasanya tempat konser jazz di gedung mewah dan berkelas kalau untuk event ini di selenggarakan di panggung terbuka di Hotel Java banana Probolinggo. Lokasinya 6 km sebelum  wisata bromo .  Wisata Gunung Bromo Gunung Bromo di Jawa Timur merupakan salah satu tempat wisata utama dan ikon p