Pulau Merah Banyuwangi Wisata Pantai di Jawa Timur

Pulau Merah Banyuwangi. Penduduk sekitar menyebut pulau exotis ini dengan nama Pulo Merah yaitu salh satu pantai serta tempat wisata Banyuwangi yang terdapat di Kecamatan Pesanggaran. Obyek wisata ini pada beberapa tahun terakhir di promosikan serta dijagokan oleh pemerintah kabupaten Banyuwangi sebagai wisata unggulan selain Wisata Kawah Ijen yang terkenal dengan api buri atau ijen blue fire. 

Pantai yang dulunya bernama Pantai Ringin Pitu ini di kenal karena punya bukit hijau kecil dengan pantai sejauh 200 mt dan tanah yang berwarna kemerahan terdapat di dekat bibir pantai. Bukit hijau nan indah ini bisa dikunjungi dengan jalan kaki saat air laut sedang surut. Di sana juga ada Pura yakni bernama  " Pura Tawang Alun " di mana warga beragama Hindu di sana melakukan upacara Mekiyis. Hal ini mirip dengan Pura Luhur Poten Bromo yang terletak di wisata bromo yang terkenal dengan upacara kasadanya.

Pura umat Hindu ini sudah lama berdiri mulai sejak 1980, juga kerap dikunjungi umat Hindu dari Gunung Bromo serta Bali. Waktu tsunami berlangsung th. 1994, pura ini dapat terserang efeknya hingga tembok luar pura hancur tetapi sisi dalam pura (Pelinggih Padmasana) masih berdiri kokokh seperti semula..

Dari penduduk sekitar ada cerita sejarah Pulau Merah Banyuwangi yaitu penamaa nya berasal dari  pancaran sinar merah hingga warga seputar menamainya Pulau Merah.

Pulau Merah Banyuwangi
 Gambar Foto Gallery Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Pantai ini nyaris serupa dengan pantai Kuta di Bali atau pantai Papuma di Jember dan sangatlah pas untuk beberapa peselancar yang mau coba ketrampilannya dalam ber-surfing ria. Dengan ombak setinggi 2 hingga 3 mtr beberapa peselancar dapat lakukan manuver tehnik tubes.

Saat yang tepat untuk beberapa peselancar untuk bertandang ke pantai ini yaitu pada bln. Mei sampai Desember. Lantaran ketika itu cuaca serta ombak telah terbilang ideal untuk berselancar. Namun pada bulan lain antar Januar sampai April walau tak bisa untuk berselancar, keindahan dan pesona Pulau Merah sangat  menarik untuk kunjungan dan liburan wisata untuk melepas penat aktivitas keseharian Anda. Fenomena unik lain yang bisa  di explore di sini adalah saat moment pelepasan 1. 000 anak penyu oleh Bupati Banyuwangi.

Penentuan Wisata Pantai Pulau Merah juga sebagai destinasi wisata baru di Banyuwangi, lantaran potensi ombak serta pesona alamnya yang masih tetap asli serta sangatlah bagus. Sehingga saat ini menjadi salah satu tempat wisata di Jawa Timur yang wajib di kunjungi.

Rute Menuju Pulau Merah Banyuwangi

Pulau Merah Banyuwangi adalah sisi lain dari wisata pantai di Jawa Timur recomended untuk libuan keluarga. Dari Kota Banyuwangi anda dapat menuju arah selatan dengan lama saat perjalanan seputar 3 jam atau seputar 60 km dengan memakai kendaraan roda empat atau sepeda motor.

Bisa pula anda mengaksesnya rute Pulau Merah dari kota Jember dengan jarak 100 km. Dengan lewat jalan nasional Jember – Banyuwangi. Sesudah tiba di kecamatan Genteng Banyuwangi, berbelok arah ke selatan dengan jalanan aspal 15 km dari Genteng, kemudian Anda akan masuk kecamatan Gambiran. Dari sini, kemudian dilanjutkan ke arah pantai selatan menuju kecamatan Pesanggaran, dengan dipandu rambu-rambu yang sangatlah lengkap maka tibalah Anda di wisata pulau Merah.

Jika Anda  berangkat dari Jakarta memakai peswat bisa langsung ke Bandara di Banyuwangi yaitu Airport Belimbing Sari. Dari sini anda bisa sewa mobil untuk menuju ke Wisata Pulau Merah. Dan jika traveling ke sini ala backpacker baik dari arah Surabaya atau Malang (memakai kendaraan umum misal kereta Api atau Bus) dari stasiun kereta / terminal di Banyuwangi juga harus sewa transport karena untuk ke pantai pulau merah tidak ada kendaraan umum.

Selesai explore wisata pantai Pulau Merah anda bisa melanjutkan ke tempat wisata di banyuwangi lainnya yang layak di kunjungi misalnya wisata kawah ijen , untuk obyek wisata lainnya silahkan klik daftar tempat wisata di Banyuwangi.

Related : Pulau Merah Banyuwangi Wisata Pantai di Jawa Timur